Dunia Rangkul Muslim Uighur dan Kaum Minoritas di Xinjiang, Menlu Wang Yi: China Tidak Pernah Lakukan Genosida

- 23 Februari 2021, 15:52 WIB
Ilustrasi Muslim Uighur. /Dok. www.mei.edu/

SEPUTARTANGSEL.COM - Saat ini China sedang dihujani kecaman keras dari berbagai pihak di belahan dunia atas sikapnya yang mendiskriminasikan Muslim Uighur dan kaum minoritas.

Bulan lalu, telah diterima laporan dari komisi bipartisan Kongres Amerika Serikat yang mengungkapkan bahwa China mungkin telah melakukan genosida terhadap Muslim Uighur dan minoritas lainnya yang tinggal di kawasan Xinjiang.

Dalam forum Dewan-Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa, Swiss, Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok Wang Yi menyatakan keberatan atas fitnah tersebut pada Senin, 22 Februari 2021.

Baca Juga: Jokowi Akan Perluas Lumbung Pangan hingga 10 Ribu Hektare di Sumba Tengah, NTT

Baca Juga: Cair, Kemenag Pastikan Dana BOS untuk Madrasah Swasta Paling Telat Akhir Maret Langsung dari Pusat

Pasalnya, aktivis dan pakar hak asasi PBB juga menduga setidaknya terdapat satu juta Muslim Uighur yang berada di penjara di kamp terpencil wilayah Barat.

Di waktu yang bersamaan, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, mengutuk atas apa yang menimpa Muslim Uighur, berupa laporan penyiksaan, kerja paksa dan sterilisasi paksa terhadap perempuan yang dinilai sangat ekstrem dan ekstensif, yang menimpa Muslim Uighur dalam "skala industri".

Sementara itu, pada Desember tahun lalu, Human Rights Watch mengungkapkan program big data di Xinjiang China secara sengaja didesain sedemikan rupa agar dapat melacak Muslim untuk ditahan.

Baca Juga: Penerapan PSBB Dinilai Berhasil Menekan Kasus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Kembali Perpanjang hingga 8 Maret

Halaman:

Editor: Harumbi Prastya Hidayahningrum


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X