Ini Sejarah Terciptanya YouTube dan Unggahan Video Pertama Berjudul 'Me at the Zoo'

- 1 Juli 2020, 07:01 WIB
Video yang diunggah pertama kali di YouTube oleh Jawed Karim berjudul Me at the Zoo. Foto: Tangkapan layar YouTube Jawed Karim.

SEPUTARTANGSEL.COM - Gara-gara tiga karyawan PayPal mencari video Justin Timberlake di Superbowl Halftime Show di Internet pada tahun 2005, akhirnya YouTube tercipta.

Sejarah YouTube memang berawal dari peristiwa sepele tersebut. Tiga karyawan PayPal, Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim ketika itu mencari video Justin Timberlake di Superbowl Halftime Show.

Saat itulah tiga sekawan ini menyadari bahwa belum ada platform video-sharing di Internet.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Toyota Alphard Via Vallen Dibakar Hingga Jaksa KPK Tuntut Wawan 6 Tahun Penjara

Bermarkas seadanya di atas restoran Pizza dan makanan khas Jepang, pada 14 Februari 2005 domain bernama "youtube.com" pun didaftarkan.

Ide mereka adalah platform di mana para pengguna internet dapat mengunggah dan menonton video dengan mudah dengan browser internet biasa.

Video YouTube pertama, "Me at the Zoo", diunggah pada 23 April 2005 menampilkan co-founder Jawed Karim di San Diego Zoo, California.

Baca Juga: Data KPK 2004-2019: Korupsi Terbanyak di Pemerintah Pusat, Polisi Paling Sedikit

Terakhir saat artikel ini ditulis, video yang menampilkan Jawed mendeskripsikan gajah ini sudah ditonton lebih dari 100 juta kali.

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X