Berakhir Sudah, Trump Akhirnya Tinggalkan Gedung Putih!

- 20 Januari 2021, 22:58 WIB
Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump telah meninggalkan Gedung Putih menuju klub privatnya di Palm Beach, Florida Rabu 20 Januari 2021 pagi waktu setempat. /Foto: Pixabay/geralt/

SEPUTARTANGSEL.COM - Donald Trump telah meninggalkan Gedung Putih dan menaiki helikopter kepresidenan Marine One untuk terakhir kalinya pada Rabu pagi 20 Januari 2021 waktu setempat.

Empat tahun setelah berada pada panggung pelantikannya di tahun 2016 dan memperburuk citra Amerika Serikat, Trump meninggalkan ruang kerjanya setelah dua kali dimakzulkan, jutaan warga kehilangan pekerjaannya, dan 400.000 meninggal terpapar Covid-19.

Partai Republik dibawah pimpinannya telah kalah dalam pemilihan presiden dan kongres. Trump akan selamanya diingat sebagai pemicu kerusuhan di Gedung Capitol yang menewaskan lima orang, termasuk seorang polisi penjaga Capitol.

Baca Juga: Kritik Raja Thailand di Facebook, Nenek Ini Dibui 43 Tahun Penjara

Baca Juga: Koki Mesir Ditangkap Gara-gara Bikin Dekorasi Kue Berbentuk Kelamin

Trump akan menjadi presiden pertama di sejarah modern Amerika Serikat yang memboikot pelantikan presiden penggantinya, sembari bersikukuh bahwa kemenangan Joe Biden adalah hasil kecurangan massal.

Pejabat partai Republik di beberapa kota, anggota pemerintahannya, dan sebagian besar hakim termasuk yang ditunjuk oleh Trump telah membantah argumennya.

Meskipun demikian Trump masih menolak berpartisipasi dalam tradisi proses serah terima simbolis dalam transisi kekuasaan, yang meliputi mengundang Biden ke dalam kunjungan pengenalan di dalam Gedung Putih.

Pada saat Biden disumpah, Trump akan mendarat di klub privat Mar-a-Lago miliknya di Palm Beach, Florida, yang nantinya akan disambut dengan karpet merah, marching band militer dan bahkan hormat 21 senjata.

Halaman:

Editor: Ihya R. Azzam


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X