BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan di Wilayah Ini

- 21 November 2020, 13:35 WIB
Ilustrasi perubahan cuaca. /Foto: Pixabay / eyeonicimages/

SEPUTARTANGSEL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya aktivas siklonik yang terpantau di sejumlah wilayah di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menyampaikan bahwa siklonik tersebut telah terlihat di Samudera Hindia barat Aceh, barat Bengkulu, dan di Selat Karimata yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin.

Yang mana memanjang di perairan utara Aceh, dari Sumatera Utara smpai perairan barat Bengkulu, kemudian di Selat Karimata bagian utara, serta Kalimantan Tengah hingga Selatan Karimata bagian selatan.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Pastikan Infrastruktur dan SDM Indonesia Siap Lakukan Vaksinasi Covid-19

Baca Juga: POPULER HARI INI: RR Tanya Jokowi Mau Bawa Indonesia Kemana Hingga Saran Jimly Hadapi Habib Rizieq

“Maka kondisi ini bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvegensi tersebut,” kata Guswanto dalam keterangannya yang diterima Seputartangsel.com Sabtu 21 November 2020.

Guswanto menjelaskan, dari hasil analisis BMKG, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Menurut Guswanto, kondisi ini diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah tanah air dalam periode sepekan ke depan.

Baca Juga: Lima Drama Komedi Korea Terbaik Sepanjang Masa, dari Welcome to Waikiki hingga Reply 1988

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X