10 Tips Penting Lindungi Keluarga dari Alergi dengan Lantai Bersih

- 8 April 2024, 20:18 WIB
Tips penting menghindari alergi dengan lantai bersih.
Tips penting menghindari alergi dengan lantai bersih. /Pexels/Tima Miroshnichenko


PIKIRAN RAKYAT TANGSEL -
Saat keluarga terkena alergi, tentunya membuat kita merasa gelisah. Apalagi ketika anak-anak mengalaminya, tentu sebagai orang tua merasa cemas.

Bisa dikatakan, salah satu sumber utama alergi adalah keadaan lantai yang tidak bersih. Hal tersebut memang sangat wajar mengingat banyak aktivitas dilakukan pada lantai. Oleh karena itu, kamu harus memahami berbagai tips penting menghindari alergi dengan lantai bersih. Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Pakai Sabun Pel Berkualitas

Penggunaan sabun pel berkualitas adalah strategi efektif mencegah alergi dengan menjaga lantai tetap bersih. Sabun pel dengan kualitas terbaik mampu mengangkat kotoran, debu, dan alergen lainnya dari permukaan lantai secara efisien.

Sabun pel juga dapat menghilangkan bakteri dan jamur yang dapat memicu alergi pada beberapa individu sensitif. Pilihlah sabun pel yang tidak mengandung bahan kimia keras. Agar tidak berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi pada penghuni rumah.

2.      Bersihkan lantai Setiap Hari

Bersihkan lantai setiap hari juga adalah salah satu tips efektif untuk mengurangi risiko alergi. Debu, tungau, serbuk sari, dan partikel lainnya dapat menumpuk di permukaan lantai. Hal itu jadi pemicu alergi bagi beberapa orang.

Seperti pada poin sebelumnya, kamu perlu menggunakan sabun pel agar lantai lebih bersih. Jangan lupa untuk membersihkan sudut-sudut dan area di bawah perabotan. Sebab, debu dan alergen juga dapat menumpuk pada tempat-tempat tersebut.

3.      Hindari Penggunaan Kemoceng

Hindari penggunaan kemoceng adalah tips yang penting dalam menjaga lantai bersih dan mencegah alergi. Kemoceng memiliki serat yang dapat menahan debu, tungau, dan kotoran lainnya.

Dengan menghindari penggunaan kemoceng, kamu dapat mengurangi penumpukan debu dan alergen di rumah. Sebagai gantinya, lebih baik menggunakan alat penyedot debu atau kain lembut yang dapat menangkap kotoran tanpa menyebarkan partikel ke udara.

4.      Gunakan Penyedot Debu

Pakai penyedot debu untuk menghindari alergi dengan menjaga lantai tetap bersih. Penyedot debu membantu menghilangkan debu dan partikel kecil lainnya. Sehingga, dapat jadi pemicu alergi di rumah.

Hal ini dapat membantu mengurangi risiko terpapar alergen dan mencegah timbulnya reaksi alergi. Contohnya seperti bersin, gatal-gatal, dan sesak napas. Selain itu, menggunakan penyedot debu dengan filter HEPA dapat lebih efektif dalam menangkap partikel-partikel kecil penyebab alergi.

Halaman:

Editor: Tim PRMN 06


Terkini