Ingin Tahu Ciri Hamil Muda di Minggu Petama? Simak Ulasannya

- 14 Juli 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /Freepik/prostooleh/


SEPUTAR TANGSEL -
Pada umumnya, sebagian besar calon ibu tidak menyadari akan ciri-ciri hamil muda di minggu pertama. Hal itu bukan tanpa alasan, karena di masa tersebut memang belum terjadi perubahan yang signifikan.

Perlu diketahui, sebenarnya pada minggu pertama belum benar-benar terjadi kehamilan. Pasalnya, kehamilan akan terhitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir (HPHT).

Dengan kata lain, kehamilan baru akan terjadi disaat tubuh melepaskan sel telur dari ovarium yang umumnya berlangsung diantara akhir minggu ke-2 atau awal minggu ke-3.

Meski demikian, terdapat beberapa gejala yang kemungkinan menjadi ciri ciri hamil muda di minggu pertama. Nah, biar lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Perut Terasa Kembung

Sebenarnya gejala yang satu ini hampir mirip dengan ciri-ciri di awal siklus menstruasi. Jadi, seorang wanita yang merasakan perut kembung, bisa jadi ia sedang mengalami tanda-tanda kehamilan di minggu pertama.

Adapun mengenai penyebab dari munculnya rasa kembung tersebut, yakni karena perubahan hormon yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dalam mencerna makanan sehingga timbul sensasi kembung.

Selain terasa kembung, kondisi ini juga akan disertai dengan masalah sembelit atau konstipasi.

  1. Morning Sickness

Apa itu Morning Sickness? Sebenarnya Morning Sickness merupakan sebuah kondisi, dimana seorang ibu hamil akan mengalami mual dan muntah di minggu pertama.

Meski dinamai dengan istilah Morning Sickness, nyatanya masalah tersebut bisa terjadi kapan saja. Biasanya Morning Sickness terjadi pada minggu pertama sampai minggu ke-9.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, biasanya Morning Sickness akan hilang dengan sendirinya ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua.

Halaman:

Editor: Tim PRMN 06


Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x