Matahari Tepat di Atas Ka'bah pada 14-16 Juli, Saatnya Perbaiki Arah Kiblat

- 14 Juli 2020, 07:08 WIB
Ka'bah di Masjidil Haram di kota suci Mekkah, Arab Saudi, menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia dalam menjalankan ibadah salat. /- Foto: Pixabay/Konevi

SEPUTARTANGSEL.COM - Umat Islam di seluruh dunia menjalankan salat dengan menghadap kiblat ke Ka'bah di Makkah, Arab Saudi.

Bagi umat Islam di Indonesia, hari ini ada fenomena alam yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek kembali ketepatan arah kiblat dengan cara yang sederhana, yakni menggunakan bayangan matahari.

Fenomena alam itu adalah posisi matahari di atas Ka'bah yang akan memudahkan umat Islam untuk memeriksa arah kiblat yang selama ini diyakni mengarah tepat ke Ka'bah.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Jadwal SIM Keliling Tangsel Hingga Erick Thohir Pasrah Dicopot Presiden Jokowi

Sebagaimana diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam akun instagramnya @infobmkg, matahari akan berada tepat di atas Ka'bah di kota suci Mekkah pada tanggal 14-16 Juli 2020 pada pukul 16.27 WIB.

"Peristiwa tersebut hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah bagian Barat," tulis akun instagram BMKG Senin 13 Juli 2020.

Fenomena ini berlangsung dua kali dalam setahun. Fenomena serupa terakhir terjadi pada pada tanggal 27-28 Mei 2020 pukul 16.18 WIB.

Baca Juga: Gubernur Wahidin Halim Bersyukur Banten Keluar dari 10 Besar Kasus Covid-19 Indonesia

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X