Ilmuwan Merancang Magnet yang Memiliki Manfaat Luar Biasa

- 7 November 2020, 21:14 WIB
Magnet berbasis molekul. /Ilustrasi: Universitas Jyväskylä Finlandia / Rodolphe Clérac/

SEPUTARTANGSEL.COM - Sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin Pusat Riset Paul Pascal atau Centre de Recherche Paul Pascal (CNRS) telah menemukan cara baru untuk mendesain magnet dengan sifat fisik yang luar biasa.

Magnet ini dapat menjadikannya pelengkap atau bahkan bersaing dengan magnet anorganik tradisional yang banyak digunakan pada peralatan sehari-hari.

Magnet merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan ditemukan di banyak perangkat medis dan elektronik. Termasuk peralatan rumah tangga, motor listrik, dan komputer.

Baca Juga: Mau Pesta Ganja Saat Ulang Tahun Istri, JD Ditangkap Polisi di Lombok

Baca Juga: Was-was Gunung Merapi Erupsi, 635 Warga Magelang Mengungsi

Permintaan bahan magnet baru meningkat banyak dalam beberapa tahun terakhir. Banyak dari bahan semacam itu terdiri dari unsur logam atau logam tanah yang jarang dapat digunakan pada suhu kamar.

Pada 2019, pasar global untuk magnet anorganik ini bernilai US $ 19,5 miliar dan diperkirakan mencapai US $ 27,5 miliar pada 2025.

Dikutip Seputartangsel.com dari Universitas Jyväskylä Finlandia bahwa pembuatan magnet anorganik terbilang mahal dan elemen penyusunnya seringkali terbatas.

Baca Juga: Juru Kampanye dan Penasehat Donald Trump Dikabarkan Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X