36.000 Game Flash Berhasil Terselamatkan, Bisa Dimainkan Secara Offline

- 4 Februari 2020, 22:30 WIB
/BlueMaxima's Gaming Channel

SEPUTARTANGSEL.COM - Masih ingat dengan Flash Games? Mungkin saja anda pernah memainkannya di saat belajar ber-Internet ria di Warnet terdekat.

Populer di awal tahun 2000-an, kumpulan permainan berbasis browser internet ini berhasil diarsipkan dengan jumlah mencapai 36.000 kopi - dan bisa diunduh secara gratis.

Dikutip dari Kotaku, sebuah proyek bernama Flashpoint menggunakan teknologi berbasis open-source yang memungkinkan siapapun untuk mengunduh dan memainkan game dan animasi Flash. Sejauh ini ada 36.000 kopi yang terarsipkan, dan terus bertambah.

Pada tahun 2017 Adobe mengumumkan akan menghentikan dukungan pada software Flash di akhir tahun 2020. Sejak saat itu Adobe telah berkerjasama dengan Facebook, Apple, Microsoft dan Google agar proses perpindahan cepat terlaksana.

Baca Juga: WNI Pertama Terinfeksi Virus Corona, Pembantu Rumah Tangga di Singapura

Meskipun banyak situs, aplikasi dan game beralih ke HTML5 atau Unity, masih banyak yang enggan berpindah ke teknologi yang lebih baru dan aman.

Ada dua versi bisa diunduh; versi penuh yang berukuran hampir 290 Gigabyte, atau versi kecil yang memungkinkan pengguna mengunduh hanya game dan animasi yang diinginkan.

Meskipun banyak yang bertema absurd dan konyol, game Flash bisa disebut menjadi bagian penting di sejarah gaming. Keberadaannya telah menjadi wadah belajar pembuatan video game, memunculan banyak developer indie, dan bahkan memicu perkembangan mobile games.

Barangkali ada game nostalgia anda yang bisa diunduh. Apa game flash favorit anda?

Halaman:

Editor: Ihya R. Azzam

Sumber: Kotaku


Tags

Terkini

x