Transaksi Gagal Namun Saldo Tidak Dikembalikan BRI Sejak Oktober 2021

 

Saya melakukan transaksi di Tokopedia sebanyak 6 kali pada tanggal 10 Oktober 2021 menggunakan BRIon. Dari 6 transaksi 5 diantaranya menunjukkan status Transaksi Ditolak pada aplikasi BRIon.

Pertama kali saya mengetahui transaksi gagal, saya berpikiran untuk menunggu 3x hari kerja agar dana yang terpotong dikembalikan tanpa saya harus membuat laporan (Saya juga alami hal serupa pada Bank UOB, dana yang terpotong karena kegagalan transaksi langsung dikembalikan ke rekening dalam waktu bahkan tidak lebih dari 30 menit).

Pada tanggal 14 Oktober saya tidak juga menerima dana yang terpotong karena gagal transaksi, saya pun mengumpulkan semua bukti dan mengirim email mengenai kegagalan transaksi dan dana yang tidak kunjung kembali pada tanggal 15 Oktober 2021.

Setelah pelaporan saya diminta menunggu 20 hari kerja. Selagi menunggu saya berinisiatif menghubungi pihak Tokopedia untuk membantu terkait masalah ini. Pihak Tokopedia memberikan bukti bahwasanya transaksi tersebut "decline" sehingga membuktikan dana sama sekali tidak masuk ke pihak Tokopedia. Bukti dari Tokopedia ini pun saya lampirkan juga kepada pihak BRI via email.

Pada awal bulan November 2021, aplikasi BRIon pun sudah tidak bisa saya akses dan masih tidak bisa saya akses sampai dengan hari ini, mungkin karena berhubungan dengan pengecekan yang dilakukan pihak BRI.

Setelah masa tunggu, saya follow up kembali mengenai hasil pelaporan namun jawaban selalu sama, yakni "...terkait laporan XXX, setelah kami lakukan pengecekan laporan tersebut masih dalam proses, mohon kesediaan menunggu.."

Terakhir saya melakukan follow up dengan nomor laporan tersebut adalah pada tanggal 28 Desember 2021, jawaban yang diberikan pun hanya itu itu saja.

Pada tanggal 30 Januari 2022 saya pun mencoba melaporkan kembali dengan semua bukti dan diberikan nomor laporan baru. Namun sama seperti laporan sebelumnya, hingga hari ini hasilnya pun sama.

Semua bukti sudah saya lampirkan, bahkan dari pihak Tokopedia sudah melampirkan bukti berupa transaksi decline dari pihak mereka. Nominal sekitar 450.000 X 5 bukan nilai yang besar bagi Bank BRI, namun cukup berarti bagi saya. Waktu pengecekan pun bukan 1x melainkan sudah lebih dari 4x dari yang diminta pihak Bank BRI, apakah belum cukup?

x