Disinformasi Tunaiku kepada Nasabah (Sudah Ditanggapi Pihak Tunaiku)

Saya sangat dirugikan atas informasi bohong (hoax) atau disinformasi oleh pihak Tunaiku Amar Bank kepada nasabah atau konsumen yang baik dan patuh hukum.

Singkat cerita, saya merupakan nasabah Tunaiku yang belum pernah telat membayar cicilan atau tagihan dan selalu ontime.

Saat itu Customer Service Tunaiku menjanjikan saya jika tagihan lunas, saya dapat meminjam kembali dengan pinjaman yang lebih besar dan durasi pinjaman di atas satu tahun.

Sebelumnya saya meminjam di Tunaiku sekitar 10 juta dengan tagihan per bulan 1,2 juta lebih. Seluruh data saya lengkap, belum pernah telat setiap bulannya. Boleh dikatakan saya konsumen baik-baik tanpa masalah.

Nah, masalah ini terjadi saat 1-2 bulan sebelum tagihan saya lunas. Pihak Tunaiku menginformasikan, nasabah dapat meminjam kembali. Ternyata sudah saya coba 30 kali lebih untuk upgrade pinjaman ternyata tidak bisa. Padahal dalam informasi aplikasi Tunaiku itu nasabah dapat melakukan upgrade pinjaman walaupun tagihan menyisahkan 1-2 bulan.

Selanjutnya, pada Kamis (16 Oktober 2020) saya melunasi seluruh tagihan saya. Alangkah terkejutnya saya ternyata pinjaman saya di aplikasi belum berubah. Pinjaman saya masih menyisahkan satu bulan (sengaja belum diupdate oleh Tunaiku). Dan, saya dinyatakan belum bisa meminjam oleh credit analyst Tunaiku Amar Bank. Padahal tagihan sudah lunas semuanya.

Padahal di informasi aplikasi Tunaiku tertulis jelas, bagi nasabah yang sudah menyelesaikan seluruh utangnya dapat meminjam kembali. Dan customer service juga menegaskan hal tersebut.

Di sini, pihak Tunaiku Amar Bank tidak ada sinkronisasi informasi yang benar. Apakah nasabah yang tidak pernah menunggak itu dapat meminjam kembali atau tidak, setelah tagihannya lunas. Karena sudah saya coba berkali-kali ternyata aplikasi gagal merespon.

Anehnya, pihak customer service meminta record atau bukti lengkap jika tagihan saya sudah lunas. Padahal saya sudah membayar seluruh tagihan saya pada Kamis malam di Indomaret. Dan, saya sudah screenshoot bukti pembayarannya di Indomaret. Tetapi phak CS Tunaiku dan Analisyt Tunaiku belum percaya dengan bukti pembayaran dari Indomaret.

Saya merasa dibohongi atau ditipu, diping-pong sana sini dengan jawaban ngawur CS Tunaiku. Yang mana, waktu, tenaga, dll saya terbuang percuma untuk menanyakan informasi yang benar kepada pihak Tunaiku.

Tetapi parahnya, teman saya yang merupakan nasabah Tunaiku telat 1 hari saja di Tunaiku sudah puluhan telpon teror masuk ke handphone nasabah. Tolong pihak Tunaiku dapat menjelaskan hal ini secara langsung kepada saya atau melalui telpon. Jangan memberikan informasi hoax kepada nasabah yang patuh hukum.

Terpopuler

Kabar Daerah

x