Sabar, Vaksin Merah Putih Diprediksi Siap Digunakan pada 2022

- 22 November 2020, 17:40 WIB
Pesepeda berhenti di dekat baliho sosialisasi manfaat vaksinasi di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Minggu 22 November 2020). Presiden Joko Widodo memperkirakan pemberian vaksin COVID-19 dapat dilakukan pada akhir Desember 2020 atau awal Januari 2021, tergantung dari datangnya vaksin dan proses persiapan yang dilakukan di Indonesia. /Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj./

SEPUTARTANGSEL.COM - Vaksin karya anak negeri terkesan kurang mendapat tempat di negeri sendiri ketimbang vaksin impor buatan negeri adi daya.

Vaksin Covid-19 karya anak bangsa, vaksin Merah Putih saat ini masih dikembangkan 6 perguruan tinggi dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia.

Pengembangan dan riset yang dimulai sejak Mei lalu, belum mendapat progres signifkan hingga tahap uji klinis.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Tahap 5 Segera Dicairkan, Berikut Cara Cek Melalui Link Ini

Baca Juga: Ngeri, Besok Covid-19 di Indonesia Tembus Setengah Juta Kasus!

Bibit Vaksin Merah Putih sendiri baru dapat diserahkan kepada PT Bio Farma pada tahun 2021. Selanjutnya, Bio Farma akan melakukan uji klinis tahap 1 sampai 3.

"Jika seluruh tahapan uji klinis berjalan dengan baik, maka izin edar diproyeksikan diperoleh pada akhir tahun 2021, dan akan didistribusikan pada awal tahun 2022," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam webinar KPC-PEN, Sabtu 21 November 2020.

Di samping itu, terkait uji klinis tahap 3 terhadap kandidat vaksin Covid-19 dari Cina yaitu Sinovac sedang berjalan. Bahkan saat ini tidak ditemukan adanya Gejala Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).

Baca Juga: Jadi Kasus Kedelapan, Seorang Pria Tewas Diserang Hiu

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X