Cianjur Diguncang Gempa Susulan Hampir 300 Kali

- 27 November 2022, 22:45 WIB
Warga bermalam di tenda pengungsian, Kampung Mangun, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022) malam. Penyaluran bantuan gempa Cianjur dinilai masih sporadis.
Warga bermalam di tenda pengungsian, Kampung Mangun, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11/2022) malam. Penyaluran bantuan gempa Cianjur dinilai masih sporadis. /Pikiran Rakyat/Bambang Arifianto/

SEPUTARTANGSEL.COM - Ratusan gempa susulan terus mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Usai gempa besar dengan magnitudo 5,6 pada Senin 21 November 2022, terjadi hampir 300 kali gempa susulan di kawasan Cianjur.

Sebanyak 34 persen dari gempa susulan itu terjadi pada hari pertama gempa yang hingga kini tercatat menyebabkan 321 korban tewas.

Baca Juga: 8 Keunggulan Motor Kawasaki KLX 150

"Untuk saat ini dari kumulatif mainshock atau gempa utama sampai dengan aftershock atau gempa susulannya saat ini sudah tercatat 285 event," ungkap Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sigit, dikutip SeputarTangsel.Com dari Antara.

"Tetapi secara statistik 34 persen itu di hari pertama jadi memang hari pertama ini berkontribusi cukup besar sedangkan saat ini sudah jauh menurun," tambah Sigit dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Minggu.

Ditambahkan, dari pengamatan BMKG, sejak pukul 00.00 WIB hingga 16.00 WIB pada Minggu, tercatat 15 kali gempa susulan dengan dua kali gempa dirasakan.

Baca Juga: Breaking! Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Wilayah Bayah Banten, Dirasakan Sampai Jabodetabek

Hingga saat ini, lanjut Sigit, tren kegempaan tercatat menurun.

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x