Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta Jiwa di Indonesia, DPR RI Desak Pemerintah Lakukan Ini

- 27 Januari 2021, 17:47 WIB
Pemakaman khusus penuh, TPU di Jakarta jadi lahan pemakaman korban Covid-19 /Foto: PMJ News /

SEPUTARTANGSEL.COM – Satuan Tugas (Satgas) Penangangan Covid-19 per Selasa 26 Januari 2021 melaporkan total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai angka satu juta jiwa.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena meminta pemerintah memfokuskan penanganan Covid-19 pada aspek pencegahan.

Apalagi penambahan angka penularan Covid-19 ini dibarengi dengan menipisnya ketersediaan tempat tidur dan meningkatnya angka kematian yang disebabkan Covid-19.

Baca Juga: Gempa 6,2 SR di Sulawesi Barat, Catat Kerugian 829,1M

“Penambahan angka penularan Covid-19 yang menyentuh angka 1 juta jiwa dengan angka penularan yang masih tinggi, kematian tinggi, ketersediaan tempat tidur ICU dan isolasi yang terus meningkat serta meningkatnya tenaga kesehatan yang terpapar, menandakan konsentrasi utama kerja melawan covid-19 harus pada aspek pencegahan,” tutur Melki yang dikutip Seputartangsel.com dari laman resmi DPR RI pada Selasa, 26 Januari 2021.

Oleh karena itu, Melki mendesak pemerintah untuk melakukan pencegahan covid-19 hingga level paling bawah dari RT dan RW melalui pembentukan Satgas atau posko bersama pihak termasuk unsur tenaga kesehatan terdekat baik Puskesmas maupun Rumah Sakit terus didorong.

“Pembentukan Satgas hingga RT/RW perlu terus didorong agar upaya pencegahan Covid-19 bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” ujar Melki.

Baca Juga: Beda Pandangan Rocky Gerung dengan DPR Soal Larangan Eks HTI Ikut Pemilu, Begini Lengkapnya

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi, Terhitung 14 Kali Terjadi Guguran Lava Sejak Pagi

Halaman:

Editor: Muhammad Hafid


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X