Gunung Semeru Meletus, Keluarkan Awan Panas hingga 4,5 Kilometer

- 16 Januari 2021, 21:20 WIB
Letusan Gunung Semeru. /Foto: BNPB /

SEPUTARTANGSEL.COMGunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang kembali memuntahkan awan panas pada Sabtu, 16 Januari 2021 sekitar pukul 17.00 WIB dengan jarak ketebalan 4,5 Kilometer.

Sebelumnya, erupsi Gunung Semeru terjadi pada 1 Desember 2020 yang menyebabkan warga di Kecamatan Candi Puro dan Kecamatan Pronojiwo harus dievakuasi ke tempat pengungsian.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, sampai saat ini, Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas. Titik sumber awan panas berada di sekitar Sumber Mujur dan Curah Kobokan.

Baca Juga: Muannas Alaidid Berencana Laporkan Mbak You ke Polisi, Ada Apa?

Baca Juga: Astaqfirullah, Pagi Gempa Susulan di Majene, Sore Gempa di Lampung, Kini Semeru Muntahkan Lava Panas

Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4,5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” ujar Thoriqul Haq dalam unggah di akun Twitter pribadinya pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Menurut laporan pengamatan visual sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terlihat asap meluncur kearah tenggara yang diduga dari kawah Jonggring Kaloko berwarna abu pekat dalam volume yang besar. Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke Utara, menyesuaikan arah angin.

Baca Juga: Joe Taslim Akan Perankan Sub-Zero Dalam Film Mortal Kombat, Begini Penjelasannya

Baca Juga: Fadil Jaidi dan Rachel Fenya, Galang Donasi Gempa dan Banjir Terkumpul Miliaran dalam Hitungan Jam

Halaman:

Editor: Muhammad Hafid


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X