Aman dari Bahan Haram, Menag Yaqut Ingatkan Umat Islam Tak Perlu Khawatir dengan Vaksin Sinovac

- 12 Januari 2021, 16:32 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan pers menyambut kedatangan 15 juta bahan baku vaksin COVID-19, di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa 12 Januari 2021. /Humas Sekretariat Kabinet/Sekretariat Kabinet

SEPUTARTANGSEL.COM - Indonesia baru saja kedatangan 15 juta dosis bahan utama vaksin dari Sinovac yang berasal dari Cina.

Nantinya bahan utama vaksin tersebut akan diolah dan diuji klinis oleh laboratorium Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Selain itu, vaksin Sinovac juga telah mendapat fatwa halal dan suci dari Majelis Ulama Indonesia sehingga aman digunakan oleh umat islam di Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun mengajak seluruh umat beragama untuk tidak ragu disuntik vaksin Covid-19. Yaqut menjamin vaksin Covid-19 halal dan suci berdasarkan fatwa MUI dan tidak ada alasan lagi untuk takut divaksin Covid-19.

Baca Juga: Cuma Butuh Sehari, Polres Balaraja, Banten Bongkar Sindikat Pencurian Mobil

Baca Juga: Ingat! Besok Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Sinovac, Begini Persiapan Istana

"Saya meminta kepada seluruh umat beragama, seluruh umat beragama, yang sudah masuk dengan kriteria dan syarat yang ditentukan, agar tidak ragu untuk divaksin Covid-19 apabila nanti gilirannya sudah tiba. Terutama untuk umat Islam, saya ingin menyampaikan bahwa sudah ada fatwa halal dan suci dari MUI dan disampaikan komisi fatwa MUI," kata Yaqut di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat meninjau kedatangan 15 juta bahan baku vaksin Covid-19, Selasa 12 Januari 2021.

Yaqut kembali memastikan bahwa vaksin Covid-19 dari Sinovac tidak mengandung babi atau turunanya. Di samping itu, Yaqut menerangkan vaksin ini tidak memanfaatkan bagian tubuh manusia dan diproduksi di tempat yang suci sehingga aman digunakan untuk masyarakat.

"Vaksin ini tidak memakan intifa atau intifa babi atau bahan yang tercemar babi atau turunannya. Kedua, tidak memanfaatkan bagian tubuh manusia," ucap Yaqut.

Panglima Banser ini juga sangat yakin bahwa vaksin Sinovac aman digunakan untuk umat islam di Indonesia karena telah melewati rangkaian pengujian oleh ahli yang berkompeten.

Halaman:

Editor: Fandi Permana


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X