Cina Akan Jadi Negara Terkuat di Dunia dan Ambil Alih AS dalam 10 Tahun ke Depan? Cek Detailnya

- 21 Januari 2021, 10:05 WIB
Pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS /Foto: Instagram/@joebiden/

SEPUTARTANGSEL.COM - Sebagian bangsa Eropa percaya bahwa Cina akan mengambil alih Amerika Serikat (AS) dalam waktu sepuluh tahun ke depan, meski Presiden Joe Biden menjabat.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh The European Council on Foreign Relations (ECFR) terhadap 15.000 koresponden dari 11 negara di Eropa, sekitar 6 dari 10 orang berpikir bahwa sistem politik AS telah rusak.

Karenanya, Cina mungkin akan menjadi negara terkuat dalam sepuluh tahun ke depan.

Baca Juga: Mobil SIM Keliling di Jakarta Hari Ini, Kamis 21 Januari 2021, Berikut Lokasinya

Baca Juga: CEK FAKTA: Vaksin Tidak Masuk Saat Disuntikkan ke Tubuh Presiden Jokowi

"Survei kami menunjukkan bahwa sikap orang Eropa terhadap Amerika Serikat telah mengalami perubahan besar. Mayoritas orang di negara utama berpikir sistem politik AS rusak, bahwa Cina akan lebih kuat daripada AS salam satu dekade, dan bahwa Eropa tidak dapat bergantung pada AS untuk membela mereka," bunyi laporan tersebut, seperti dikutip Seputartangsel.com dari South China Morning Post pada Kamis, 21 Januari 2021.

Diketahui, survei bertajuk "The Crisis of American Power: How Europeans See Biden’s America” ini dilakukan pada bulan November hingga Desember 2020.

Hasil survei tersebut menjadi tantangan sendiri bagi AS untuk memperbaiki geopolitik mereka agar dapat menemukan keselarasan.

Baca Juga: Dapatkan Bansos Rp300 Ribu untuk Pemilik Kartu Indonesia Sehat (KIS), Cek Detailnya

Halaman:

Editor: Harumbi Prastya Hidayahningrum


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X